Cara Membersihkan Wajah Dengan benar

1 min read

Membersihkan wajah merupakan kebiasaan yang selalu dilakukan oleh wanita. Apakah pria tidak melakukannya? tentu juga melakukannya. Akan tetapi tidak serumit yang dilakukan oleh wanita.

Banyak manfaat yang akan diperoleh ketika membersihkan wajah dilakukan dengan cara yang benar.

Komdeo, jerawat dan juga menghindari penuaan dini adalah beberapa manfaat dari kebiasaan membersihkan wajah dengan benar.

Oleh karena itu, penting bagi wanita untuk memahami bagaimana cara membersihkan wajah dengan baik dan benar.

Kenali Jenis Kulit

Hal pertama yang harus dipahami adalah jenis kulit wajah yang kamu miliki.

Dengan mengenali jenis kulit wajahmu, kamu bisa menentukan pembersih wajah yang benar-benar tepat dengan jenis kulitmu.

Pada umumnya, terdapat tiga jenis kulit wajah. Pertama adalah kulit berminyak dan yang ke dua adalah jenis kulit kering. Terakhir adalah jenis kulit wajah sensitif.

Kulit wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori yang lebar, sehingga wajahnya mudah sekali berminyak.

Wajah yang selalu berminyak, bila tidak rutin dibersihkan akan memicu munculnya jerawat dan komedo.

Bila jenis kulitmu adalah kulit berminyak, maka disarankan untuk menggunakan sabun yang bebas minyak dan juga gunakan toner untuk mengurangi minyak yang berlebih.

Jenis kulit selanjutnya adalah kulit wajah kering. Kulit jenis ini biasanya cenderung kasar dan bersisik. Bila kamu memiliki jenis kulit yang seperti ini, disarankan untuk tidak menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkohol dan pewangi. Tujuannya agar kulit wajah kamu tidak semakin kering.

Terakhir adalah jenis kulit wajah sensitif. Bila kamu memiliki jenis kulit wajah seperti ini, maka kamu harus berhati-hati dalam memilih produk pembersih wajah.

Biasanya, bila tidak cocok dengan produk pembersih yang kamu gunakan, wajah akan terasa gatal, memerah dan perih setelah menggunakannya.

Buat kamu yang memiliki kulit wajah sensitif seperti ini, disarankan untuk tidak menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkohol, parfum dan asam salisilat.

Tips Membersihkan Jerawat

Setelah mengetahui jenis kulit wajahmu, sekarang mari bersihkan wajah dengan beberapa tips berikut ini.

Cara membersihkan wajah dengan benar

  1. Bersihkan Make Up

    Sebelum membersihkan wajah dengan sabun cuci muka, bersihkan terlebih dahulu make up yang kamu gunakan. Bila make upnya susah dihilangkan, bisa gunakan make up remover.

  2. Bersihkan wajah dengan lembut

    setelah wajah kamu bersih dari make up, selanjutnya cuci wajah menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Bila dirasa sudah merata, basuhlah wajah menggunakan air hangat. Ingat air hangat bukan air panas. Juga jangan gunakan waslap atau spon untuk membersihkan wajah biar tidak terjadi iritasi.

  3. Keringkan Wajah

    Setelah mencuci bersih wajah dari bekas debu, make up dan asap. Keringkan wajahmu menggunakan handuk bersih. Kalau bisa handuk khusus untuk mengeringkan wajah. sehari ganti biar tidak ada kotoran yang menempel.

  4. Gunakan pelembab

    Penggunaan pelembab bisa dibilang optional saja. Bila wajah kamu kering penggunaan pelembab akan sangat bagus. Karena pelembab dapat menjaga kelembaban kulit

Bersihkan wajah kamu secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Penggunakan produk kecantikan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit. Seperti kulit menjadi sensitif, dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Komedo

Kotoran di pori-pori. Kadar minyak pada wajah. Wanita dengan tipe wajah berminyak akan memiliki komedo lebih banyak daripada wanita yang memiliki tipe kulit normal...
Admin
2 min read

Tips Agar Terlihat Awet Muda Dengan Banyak Minum Air…

Cara Agar Terlihat Awet Muda Dengan Banyak Minum Air Putih  Firdaus45 – Terlihat awet muda, setiap orang pasti menginginkan untuk selalu terlihat awet muda....
Firdaus Muqarrobin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *